Rabu, 15 Desember 2021

NIRMANA DALAM DUNIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

NIRMANA 





Pengertian Nirmana 

        Nirmana adalah penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai hasil imajinasi dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi yang mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga sebagai ilmu tatarupa. Sebagai ilmu tatarupa tentu saja Nirmana memiliki pengaruh besar dalam sebuah desain. Nirmana memiliki elemen- elemen penting yang menjadi dasar sebuah desain atau karya seni serupa.

        Dalam artian awal bahwasanya nirmana itu kurang lebih berarti kosong alias tidak ada apa-apa, dapat  pula berarti abstrak atau tidak bermakna. Makna tersebut hanyalah merupakan ungkapan dimana pada saat seseorang menciptakan suatu desain, suatu desain itu diawalai dari sesuatu yang belum memiliki makna dan hal inilah yang dijadikan titik awal.

Nirmana mengajarkan unsur atau elemen yang ada pada suatu lukisan atau gambar serta estetika seni dalam mengorganisasi unsur atau elemen agar menjadi sebuah karya seni yang bukan saja bagus, tetapi juga bermakna. (Adi Kusrianto, Pengantar Disain Komunikasi Visual). 

        Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta 2005)

" NirMAna; measuring , measure , reach , extent (often , mfn. ifc.) Hariv. R. ; forming , making , creating , creation , building , composition , work (ifc. `" made of "' Sus3r.)  (Cologne Digital Sanskrit Lexicon) ". 


        Dari beberapa defenisi diatas Nirmana dapat pula diartikan sebagai Bahasa rupa yang digunakan sebagai dasar dari sebuah desain sehingga  desain tersebut dapat memiliki makna. Dengan mempelajari Nirmana, seseorang diharapkan dapat mengasah ketrampilan, dan mempertajam kepekaan, terhadap segala-sesuatu yang berkaitan dalam hal menciptakan sebuah desain.  Dalam Nirmana, seseorang akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa dan desain melalui tahap-tahap yang sangat mendasar.

       

        Nirmana itu ada dua, yakni nirmana dwimatra dan nirmana trimatra. Berdasarkan pengalaman saya sebagai anak DKV, nirmana dwimatra yakni berhubungan erat dengan grafis hingga elemen seni dua dimensi. Sedangkan nirmana trimatra berhubungan erat dengan seni tiga dimensi, yang biasanya tugas-tuganya berkaitan dengan membuat karya instalasi, kolase hingga mountase. 


Elemen Dasar Nirmana 

a. Titik

Titik adalah satuan bentuk terkecil yang memiliki dimensi.

b. Garis

Garis yakni Goresan nyata dan batas dari sebuah benda. Atau garis juga titik yang saling dihubungkan, sehingga membentuk suatu garis.

c. Bidang

Adalah bentuk pipih tanpa ketebalan. Punya dimensi panjang dan lebar serta luas, kedudukan arah dan diakhir dengan batas sebuah garis.



Referensi 

Ebdi, Sadjiman S. 2009. Nirmana; Elemen-elemen seni dan desain (edisi ke-2). Yogyakarta; Jalasutra.




0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini